TERJEMAHAN

Wednesday 26 January 2011

JAKSA CIRUS TERLIBAT KASUS ANTASARI

Jakarta – Nama Jaksa Cirus Sinaga disebut oleh Gayus Tambunan saat curhat usai divonis 7 tahun bui oleh hakim di PN Jakarta Selatan. Kasus yang membelit Gayus sengaja dialihkan ke mafia pajak untuk menutup skenario kasus Antasari Azhar, dimana Cirus menjadi ketua tim Jaksa Penuntut Umum (JPU).
Ungkapan Gayus ini bisa jadi benar. Karena selama kasus Antasari berjalan, di saat yang bersamaan, Cirus juga tengah menangani kasus Gayus di PN Tangerang.
“Saat tahun 2009 Cirus menangani kasus Antasari, saat itu juga Cirus sedang menangani kasus Gayus. Saya yakin Gayus tahu banyak soal keterlibatan Cirus dalam rekayasa kasus Antasari,” ujar salah satu kuasa hukum Antasari, Ari Yusuf Amir kepada detikcom, Kamis (20/1/2011).
Ari mengatakan, banyak makna yang bisa ditarik dari pernyataan Gayus kemarin. Kemungkinan Gayus mengetahui sepak terjang Cirus bukan tidak mungkin, sebab saat itu hubungan antara Cirus dan Gayus tengah baik, dan pastinya sering berkomunikasi.
Ari menaruh curiga pada kepolisian yang terkesan lamban menetapkan status Cirus yang diduga telah memalsukan rencana tuntutan Gayus. Padahal Kejaksaan Agung telah melimpahkan barang bukti yang cukup jelas tentang keterlibatan Cirus.
“Tapi kenapa nggak langsung ditahan? Saya takutkan ini membuka peluang terjadi barter. Jadi bisa saja Cirus mengancam kalau kasus saya diungkap, maka saya akan ungkap juga kasus Antasari,” kata pengacara yang juga mendamping mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji.
Ari mengatakan, tidak ada lagi yang perlu dikais-kais polisi untuk menetapkan Cirus sebagai tersangka. Justru dengan tidak menahan Cirus, ditakutkan mantan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah itu bisa menghilangkan barang bukti.
“Dia inikan orang hukum, dan potensi untuk menghilangkan barang bukti itu besar sekali. Kalau memang tidak ada barter, segera tetapkan Cirus jadi tersangka dan tahan, biar kita lihat bersama kalau apakah dia akan buka (kasus Antasari) atau tidak,” tantang Ari.
Ari berharap penegak hukum tidak membungkam orang-orang seperti Gayus. Karena Gayus banyak memang informasi penting tak hanya untuk kasus mafia pajak.
“Gayus itu banyak tahu, tapi dia dibungkam dan dialihkan jadi kasus politik. Padahal Gayus saya yakin dapat mengungkap kasus mafia hukum, karena Gayus ini banyak pegang informasi,” tandasnya.
Dalam curhatnya Gayus menyatakan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum sengaja mengumbar isu pajak terkait Aburizal Bakrie untuk menutup skenario kasus Antasari Azhar.
“Satgas mengalihkan isu kepada mafia pajak dan mengalihkan dari mafia hukum Cirus Sinaga. Satgas mengungkap kepergian saya, dan Denny mengupload gambar di twitternya tetapi tidak ke Cirus Sinaga karena khawatir terbongkarnya kasus Antasari,” kata Gayus, Rabu (19/1) kemarin.
Cirus sampai saat ini masih berstatus saksi, polisi mengaku belum menemukan bukti keterlibatan kasus Gayus dalam kasus mafia pajak. [detikNews]

No comments:

Post a Comment