TERJEMAHAN

Sunday 1 May 2011

AWAS UANG ANDA DI KORUPSI PEGAWAI BANK


Waspadalah, Waspadalah, dan Waspadalah, hal inilah yang perlu kita ingat, karena belakangan ini marak Pembobolan rekening nasabah oleh pegawai bank hal ini merupakan salah satu bentuk tindak kejahatan korupsi yang langsung mengkorupsi uang rakyat/nasabah, beda dengan korupsi yang ada di pemerintahan yang tidak langsung mengkorupsi uang rakyat tapi uang Negara. kejahatan perbangkan ini ternyata lebih sadis, seperti kasus berikut dimana dengan modus memalsukan kartu tanda penduduk dan buku tabungan nasabah yang dibobol, foto di KTP diisi dengan foto Ahmad, dengan bekal KTP palsu itu, Ahmad membuka rekening baru di BRI cabang lain atas nama nasabah tersebut Setelah berhasil membuka rekening baru, Ahmad memindahkan dana dari rekening nasabah ke rekening baru sejumlah Rp 553 juta. Uang sebesar itu kemudian diambil melalui anjungan tunai mandiri dan penarikan di bank selama beberapa kali hingga tersisa Rp 109.332.
Ada beberapa modus pebobolan uang nasabah antara lain :
1.    Membobol Melalui Mesin ATM
pertama, pelaku mengetahui data dari kartu kredit dan kartu debit lewat skimmer. Sedangkan untuk PIN diintip lewat kamera.

Kedua, pembobol melakukan berbagai cara supaya kartu tertahan di dalam. Sebelumnya di mesin ATM sudah ditempel stiker palsu berisi nomor customer service yang bisa dihubungi. Orang-orang yang kartunya tertahan itu kemudian menghubungi nomor palsu tersebut dengan dimintai data dan terakhir dimintai nomor PIN.

Ketiga, menggunakan alat penjepit kartu sehingga kartu tidak keluar dan menghubungi nomor customer service dengan nomor 14000. Di seberang telepon sudah menunggu operator gadungan dan akhirnya nasabah memberikan nomor PIN. Begitu tertinggal, kartu ATM yang terjepit akhirnya keluar

Keempat, pelaku hanya mencari data dan mengintip PIN dan dijual kepada pelaku lain seharga Rp 1 juta per data. "Kami temukan barang bukti komputer plus kartu ATM dan nomor PIN. Jadi ada komplotan lain yang membeli data-data dari mereka.

Kelima, Buat anda yang suka bertransaksi/belanja lewat internet, hati-hati jika anda pernah menerima email dengan disertai attachment ‘keylogs.rar’ atau ‘keylog.exe’, karena file inilah biang dari teknik pembobolan ini.  Isi dari program di atas adalah salah satu software mata-mata untuk mengambil data base ATM dari korban.

Keenam, Teknik Penyadapan Ala Pause yaitu mempending transaksi Cash (biasanya kartu Bca) pada waktu transaksi cara ini bisa minta bantuan pada operator komputer kasir (ada software tertentu yang sebelumnya sudah ‘tertanam’di komputer kasir tersebut baik dilakukan dengan teknik diatas maupun kerjasama dengan kasir nya itu sendiri). Teknik ini intinya untuk merekan semua aktivitas transaksi perbankan yang dilakukan korban.

Ketujuh, Teknik Penyadapan Sniffer dengan mengambil data kabel di belakang mesin atm (buat para ‘bandito’ teknik ini paling berisiko dan paling jarang di gunakan karena setiap atm biasanya sudah terpasang security cam) dengan sebuah alat sniffer yang mana datanya terkirim via bluetooth ke laptop si ‘bandito’. Buat para admin security bank sebaiknya secara berkala memeriksa bagian belakang dari atm anda, karena mungkin saja sudah ada ‘bandito’ yang memasang alat tersebut tadi.

2.  Modus pembobolan bank lainnya adalah dengan memanfaatkan kucuran kredit untuk unit usaha menengah. Dengan pemalsuan telex perintah pengucuran dana kredit untuk perusahaan fiktif, dana Rp 4,5 miliar berhasil dibobol dari Bank BNI Cabang Gambir, Jakarta Pusat

3.   Penipuan melalui SMS.  Dimana dikatakan penerima SMS menerima hadiah undian dan diminta segera menghubungi pengirim SMS, Pelaku kejahatan biasanya meminta penerima SMS mengirim sejumlah dana ke pelaku melalui ATM.

4.  Terjadinya penggunaan kartu kredit orang lain, hati – hati jangan sembarangan meletakan kartu kredit, bias saja di gunakan oleh orang dekat, seperti anak dan keluarga lainnya.

5.    Pencurian data melalui internet banking. hati hati jangan sembarang pinjamkan HP yang di gunakan intuk Internet Banking, bisa saja sang peminjam melihat data transaksi dan password Internet Bangking saudara, untuk menghindari hal ini saudara harus menghapus data SMS terkirim anda setiap kali transaksi.

No comments:

Post a Comment