TERJEMAHAN

Friday 8 April 2011

BEBERAPA HEWAN YANG TERLIBAT DALAM KASUS KORUPSI


Negara kita Indonesia katanya Negara yang sangat sopan dan santun, dan kita selalu di ajarkan untuk menggunakan bahasa yang halus yang tidak menyinggung perasaan seseorang, terlebih lagi diajarkan bahasa Indonesia yang penuh dengan kata – kata yang sangat santun, kalau di istilahkan dalam bahasa Indonesia yaitu majas, majas ini lah yang selalu digunakan untuk memperhalus bahasa, majas perhalusan kata inilah yang digunakan untuk merubah makna dari kata-kata tersebut, seperti kita ketahui  nama binatang selalu digunakan untuk memperumpamankan sesuatu, terutama dalam masalah tindak pidana, adapun nama-nama binatang tersebut antara lain :

1.       Tikus
a.       Tikus kantor
Istilah ini pertama kali dikenal pada jaman orde lama yang di populerkan oleh seniman musik yang sangat terkenal dengan nama Iwan Fals, hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenanya karena keberaniannya mengeritik pemerintahan Soeharto pada jamanya, jarang sekali orang yang benari terang –terangan mengeritik pemerintah pada jama itu. Berikut sepotong bait lirik lagu dimaksud.
Tikus-tikus tak kenal kenyang
Rakus-rakus bukan kepalang
Otak tikus memang bukan otak udang
Kucing datang tikus menghilang

b.      Tikus angin
Istilah ini popular di propinsi Sumatera selatan, sebutan untuk penjahat kelas teri atau maling  dinamakan dengan Tikus Angin, entah sejak kapan istilah ini popular, tapi yang jelas istilah ini mengadopsi dari jenis tikus kecil bermoncong lancip yang kerjanya menilap makanan jika manusia lengah.

2.       Kambing hitam
Kambing hitam sebagai suatu istilah yang telah lama memasyarakat. Namun masih banyak yang mempertanyakan apa dan bagaimana yang dimaksud dengan kambing hitam itu. Umumnya memperkirakan jawabnya sama dengan pengertiannya dengan orang yang tidak makan buahnya tetapi terkena getahnya. Atau sebagai istilah yang memberikan gambaran tentang orang yang dituduh bertindak salah. Namun sebenarnya tidak pernah melakukan kesalahan. Istilah ini lebih lazim digunakan oleh kalangan kelompok politisi atau politikus secara perorangan, untuk menyudutkan lawan politiknya. Istilah kambing hitam diangkat dari bahasa Inggris scapegoat. Dekat pengertiannya dengan person blamed - pelecehan pribadi. Tetapi bukan berasal dari istilah black sheep. Dan bukan diangkat dari istilah the sheep and the goats yang artinya pribadi yang baik dan yang jelek.

3.       Cicak
Istilah cicak dan buaya pertama kali diangkat oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Susno Duadji. Ungkapan ini tercetus olehnya sebagai bentuk kegusaran Susno setelah mengetahui bahwa KPK menyadap pembicaraan telpon dirinya. Setelah pernyataan itu muncul di media massa, maka para aktivis anti-korupsi memanfaatkan istilah cicak menjadi sebuah kependekan dari “Cinta Indonesia Cinta KPK”. Para aktivis itu memanfaatkan posisi sebagai pihak lemah yang tertindas oleh kekuatan besar yang arogan dan otoriter. Secara visual pun simbol cicak dan buaya sangat mudah untuk menggugah dan menumbuhkan empati untuk mendukung sosok yang ‘dilemahkan’ dan tertekan. Logo gerakan Cicak pun dibuat dengan sederhana namun ternyata cukup ampuh untuk mewakili semangat solidaritas mendukung KPK.

4.       Buaya
Istilah yang digunakan Susno menempatkan lembaga kepolisian sebagai sebuah lembaga besar dan kuat, yang diwakilkan dengan sosok buaya. Sementara untuk perumpamaan KPK, yang dianggap lembaga kecil dan lemah, digunakanlah sosok cicak. Dalam ilmu bahasa istilah Cicak dan Buaya adalah sebuah metafora. Kata “metafora” berasal dari bahasa Yunani yang artinya “mentranfer” atau “membawa dari satu tempat ke tempat lain”. Metafora adalah sebuah upaya imajinatif untuk menciptakan hubungan antara dua hal yang berbeda, namun memiliki sebuah kesamaan. Secara fisik-anatomis, cicak dan buaya memang memiliki kesamaan, sebagaimana lembaga kepolisian dan KPK, keduanya adalah lembaga penegak hukum.

5.       Kadal
Kalo begitu Mungkin istilah kadal lebih tepat dialamatkan kepada  Anggoro dkk nya, yang sekarang pada blingsatan mengelak tuduhan dan cuci tangan setelah di bukanya rekaman telpon mereka kepada publik.

No comments:

Post a Comment