TERJEMAHAN

Thursday 25 November 2010

KETUA KPK TERPILIH TAHUN 2010




M. Busyro Muqoddas, S.H, M.Hum
Lahir    :  di Yogyakarta
Tahun  : 17 Juli 1952
Uumur : 58 tahun
Ketua   : Terpilih Komisi Pemberantasa Korupsi  Indonesia. Sebelumnya, Busyro merupakan ketua merangkap anggota Komisi Yudisial RI periode 2005-2010.

PENDIDIKAN :

Sarjana Hukum dari Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia Yogyakarta tahun 1977. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (MPM UII). M. Busyro Muqoddas mengawali karier di bidang hukum pada tahun 1983 sebagai Direktur Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (1986-1988), dilanjutkan sebagai sebagai Pembantu Dekan I Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia hingga tahun 1990. Gelar Magister Hukum diperoleh dari Fakultas Hukum  Universitas Gajah Mada tahun 1995. Pada tahun 1995-1998 ia menjabat sebagai Ketua Pusdiklat dan LKBH Laboratorium Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia.
Pada tanggal 25 November 2010, Busyro Muqoddas terpilih sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi Indonesia, setelah melalui proses pemungutan suara di Dewan Perwakilan Rakyat mengalahkan calon lainnya, yakni Bambang Widjojanto.
 
HARAP BANGSA :
Busyro Muqqodas harus berani menuntaskan kasus-kasus korupsi berskala besar, seperti kasus dana talangan Bank Century,". Salah satu kasus yang perlu segera dituntaskan adalah kasus dana talangan Bank Century yang diduga merugikan negara dalam jumlah yang banyak. "Kasus dana talangan Bank Century dapat menjadi titik permulaan untuk mengembalikan kepercayaan publik kepada KPK yang saat ini sudah mulai menurun. Karena bagaimanapun KPK membutuhkan dukungan yang besar dari  Pemerintah untuk memberantas korupsi.
Kasus lain yang perlu diungkap adalah kasus dugaan rekening gendut beberapa perwira kepolisian. "Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) perlu lebih fokus memberantas praktik-praktik penyimpangan yang dilakukan aparat penegak hukum. tapi yang lebih penting mampukan busyro membawa KPK menjadi lembawa yang berwibawa dan sanggup mengungkap kasus - kasus korupsi yang melibatkan para pejabat dan penguasa negeri ini. 

No comments:

Post a Comment