TERJEMAHAN

Sunday 9 October 2011

PELUANG TIMNAS INDONESIA

Tim kesebelesan garuda kita akhirnya bisa mengakhiri trend buruk 2 kali kekalahan berturut turut, pada laga uji coba persahabatan melawan pasukan elang hijau, Arab Saudi. Pertandingan yang berlangsung di stadion Shah Alam, Malaysia yang berakhir dengan skor 0 – 0.

Wim Rijbergen merubah taktik dan susunan pemain Timnas, dengan tidak diturunkannya beberapa pemain terdahulu seperti bambang, markus dan ridwan dan merotasi tempat pemain seperti irfan yang yang dulunnya menjadi sayap kanan sekarang di letakan menjadi posisi kiri dan terbukti irfan beberapa kali merepotkan pertahanan Arab Saudi perubahan ini bermanfaat karena Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi yang dilatih oleh Frank Rijkaard, mantan pelatih Barcelona.

Arab Saudi memainkan striker andalan mereka Yasser Al Qahtani, mereka berhasil mengendalikan permainan pada awal babak pertama. Terbukti pada menit ke tiga, Indonesia mendapatkan kejutan pertama oleh serangan Arab, beruntung I Made Wirawan dengan sigap menyelamatkan gawang Indonesia.
Indonesia mendapat kesempatan emas pada menit ke 78 saat Irvan Bachdim berhasil mencuri bola dari kaki pemain Arab, tapi kesempatan ini bisa diredam oleh barisan pertahanan Arab yang langsung membuang bola.

Sebagai negara kaya yang pandai mengumbar uang, mereka sedang getol dengan program naturalisasi. Banyak, mereka punya beberapa pemain dari negara tetangga, beberapa dari Afrika, beberapa lagi dari Brazil, dan satu lagi temannya Christian Gonzales dari Uruguay, Sebastian Soria. Nama terakhir ini yang paling menonjol, pemilik 57 caps dan 23 gol untuk timnas Qatar. Lihat skuadnya di wikipedia, dan list pemain naturalisasinya di sini. Waspadalah..

Indonesia sudah 4x bertemu dengan Qatar: 1x menang, 1x imbang, 2x kalah, 5x mencetak gol, dan 9x kebobolan. Kita selalu bisa mencetak gol ke gawang Qatar.

Head to head: Indonesia vs Qatar
1986 – di Seoul – Asian Games – Indonesia 1:1 Qatar
1993 – di Doha – Pra Piala Dunia – Indonesia 1:3 Qatar
1993 – di Singapura – Pra Piala Dunia – Indonesia 1:4 Qatar
2004 – di Jakarta – Piala Asia – Indonesia 2:1 Qatar

Peluang Indonesia vs Qatar
Sekarang, pemain naturalisasi Qatar bisa menjadi satu hal yang layak diwaspadai. Namun ada kabar baik, perjalanan Qatar di babak kualifikasi sebelumnya sempat diwarnai kekalahan 1-2 di kandang Vietnam, meski Vietnam kalah telak 3-0 di Qatar. Fakta ini memberi angin segar optimisme, bahwa kita seharusnya juga bisa mencuri kemenangan di kandang, sama seperti Vietnam. Ditambah dengan rekor pertemuan terakhir yang kita menangkan, optimisme ini menjadi rasional. Kalahkan Qatar di kandang kita! 

No comments:

Post a Comment